50 Siswa Tata Boga SMK Negeri 2 Tabanan Direkrut Hotel Pan Pacific Tanah Lot

MARGA – Sejak dibukanya Program Studi Tata Boga, siswa SMK Negeri 2 Tabanan makin berkibar. Jika pada awal berdirinya sekolah yang berlokasi di Belayu Marga ini menyandang sekolah IT (informasi Teknologi) namun seiring dengan perkembangan, justru jurusan Tata Boga menjadi incaran siswa baru. Dari  18 kelas dengan jumlah siswanya 582 orang, 11 kelas adalah jurusan Tata Boga dan hanya 7 kelas di jurusan IT.

“Bagi kami tidak masalah, karena intinya bagaimana sekolah ini bisa menyiapkan lulusan yang profesional siap bersaing dalam memasuki dunia kerja” Ujar Kepala SMK Negeri 2 Tabanan Drs. I Ketut Darmita Wirawan, M.Pd.

Dalam hal ini menurut pria yang akrab disapa Pak Agus itu, sebagai sekolah kejuruan, menyiapkan tenaga siap pakai wajib hukumnya, terlebih dalam menghadapi era persaingan global dimana dimana dunia usaha sangat membutuhkan SDM yang handal.

“Seluruh komponen sekolah khsususnya tenaga pendidik dituntut dapat mendidik siswa menjadi tenaga kerja yang terampil dam mempunyai jiwa wirausaha” Ujarnya.

Berbicara kualitas, Pak Agus memaparkan kalau siswa SMK Negeri 2 Tabanan kerap mendapatkan tawaran untuk bekerja sebagai tenaga harian meskipun mereka masih dalam masa sekolah. Bahkan hotel berkaliber internasional seperti Pan Pacific Nirwana Bali Resort Tanah Lot, akhir bulan Januari 2013 ini meminta 50 siswa jurusan Tata Boga untuk dipekerjakan sebagai tenaga harian (Daily Wor

ker).

“Hotel berbintang lima tentu tidak sembarang dalam mer

ekrut tenaga kerja dan kami bersyukur siswa kami diminta untuk mengisinya” Ujar Pak Agus didampingi Koordinator Prakerim (Praktek Kerja Industri), Drs Putu Wisnem.

Meskipun mereka dibayar relatif kecil, 45 ribu per hari (shift) namun menurut pandangannya, pengalaman di dunia kerja memberikan nilai lebih bagi siswa. Ia menandaskan, perkembangan dunia kerja khususnya dunia pariwisata berkembang sangat pesat sehingga terjun langsung di dunia kerja memberikan nilai tambah yang luar biasa. Program DW ini dapat membantu lulusan sekolah ini secara cepat terserap di pasar kerja, sebab, program ini memberikan   keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Siswa juga mendapatkan pengalaman kerja dengan berbagai kondisi ketenagakerjaan di perusahaan kepada siswa. “Siswa secara langsung akan memahami sendiri perkembangan yang terjadi sehingga pada nantinya setelah mereka tamat tidak canggung-canggung lagi untuk menjalankan jobdescnya” Tandasnya.

Sementara, selaku koordinator Prakerim Putu Wisnem berharap siswa yang kini direkrut sebagai DW di Pan Pacific Nirwana Bali Resort Tanah Lot dapat memetik pengalaman yang berharga karena apa yang diperoleh di kelas tidak selalu sama dengan yang ada di dunia kerja. Pengalaman langsung di dunia kerja ini  akan bermanfaat bagaimana beradaptasi dalam suasana kerja yang sebenarnya dimana mereka dituntut untuk bisa bekerja dengan cepat dan baik.

“Banyak manfaat yang diperoleh dengan direkrutnya mereka langsung ke dunia kerja, bukan saja maanfaat  bagi siswa namun juga manfaat bagi sekolah “ Ujar Putu Wisnem.

Ia menambahkan manfaat lainnya yang bakal dirasakan siswa, bisa mendorong untuk meningkatkan kompetensi kerja yang profesional pada tingkat lebih tinggi dalam persaingan SDM di era globalisasi. Kerja sama hotel bertaraf internasional ini mampu meningkatkan sumber daya man

usia, menambah wawasan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kerja sehingga mudah diserap pasar kerja.

“Kita berharap kerja sama ini tidak semata-mata untuk pe

ningkatan kualitas tenaga kerja, tetapi juga dapat mendorong perusahaan-perusahaan lainnya agar meningkatkan produktivitas usahanya melalui ketersediaan tenaga kerja yang berkualitas dan sesuai dengan kompetensi yang mereka butuhkan” Harap guru yang mengjar PKN ini.(*/Yen)   – Sumber : http://www.jayapos.com pada : 30 Januari 2013

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by Adhie L. | Designed by: SMKN2TABANAN | Thanks to All, SMKN2TABANAN